Tips Berkedara di Jalan Tol

  • Share

Jalan bebas hambatan (jalan Tol) menjadi pilihan untuk menghindari kemacetan sehingga lebih cepat mencapai tujuan. Berikut tips untuk dari Divisi Humas Mabes Polri, bagi pengendara yang menggunakan jalan tol.

  1. Usahakan untuk tetap melajukan kendaraan kita di lajur kiri, tidak selalu berpindah lajur, kecuali untuk mendahului.
  2. Usahakan untuk tidak melaju di bawah kecepatan minimum yakni 60 Km/jam atau melebihi kecepatan maksimum yakni 80 km/jam sesuai dengan rambu-rambu yang terpasang.
  3. Nyalakan lampu kecil saat hujan tiba dan kurangi kecepatan pada permukaan jalan basah, pedoman jarak aman adalah sesuai dengan kecepatan kendaraan, yaitu kecepatan 80 km/jam.
  4. Beristirahatlah dengan menepikan kendaraan ke tempat istirahat saat merasakan ngantuk dan rasa lelah menyerang. Tidur sejenak atau minum secukupnya. Bisa juga melakukan gerakan-gerakan ringan dan bermanfaat lainnya.
  5. Jangan membuang benda apapun juga keluar mobil karena sangat berbahaya akibatnya.
  6. Jangan coba-coba menyingkirkan benda-benda yang ada di sepanjang jalan tol seorang diri karena itu sangat berbahaya, segera hubungi bagian informasi jalan tol.
  7. Jika ada pekerjaan di jalan tol perhatikan rambu dan petunjuk yang terpasang.
  8. Jika ingin berpindah jalur, pastikan kendaraan yang ada di belakang anda maupun yang berada di depan posisinya sudah benar-benar aman.
  9. Jika ingin berpindah jalur, nyalakan lampu isyarat lalu bergeraklah pada saat yang tepat. Jangan lakukan gerakan memotong karena itu sangat berbahaya sekali.
  10. Bahu jalan untuk kendaraan yang behenti di jalan tol, jadi jangan gunakan bahu jalan

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona
Hosting Unlimited Indonesia
  • Share
Cloud Hosting Indonesia