Begini Cara Hankook Tire Ajak Pengemudi Terapkan Etika Berkendara

  • Share

Sikap sopan santun merupakan sikap yang perlu dimiliki setiap individu pengguna jalan. Meskipun kadang terlihat pengemudi yang mengabaikannya. Hankook Tire mengajak pengemudi agar tidak hanya berpatokan pada aturan wajib seperti undang-undang lalu lintas, tetapi juga berempati dengan sesama pengguna jalan dengan menerapkan etika berkendara.

Cloud Hosting

“Soal etika berkendara, kita bisa belajar dari negara maju seperti Belanda, mereka sangat menghargai pejalan kaki. Pengemudi di Belanda juga jarang menggunakan klakson, hanya saat keadaan darurat saja mereka menggunakannya dan lebih memilih untuk menggunakan lampu terutama saat malam hari. Gestur seperti inilah yang mencerminkan empati kita terhadap sesama pengguna jalan, bahwa semua berhak untuk aman dan nyaman,” ujar Apriyanto Yuwono National Sales Manager Passenger Car Radial PT. Hankook Tire Sales

Hankook Tire Indonesia mengingatkan kembali beberapa contoh etika berkendara yang bisa diterapkan untuk mereduksi risiko kecelakaan berlalu lintas.

Pertama, berkendara dengan kecepatan yang stabil. Pengemudi yang ragu-ragu dalam menyetir membuat pergerakan kendaraan tidak teratur, bergerak cepat dan lambat dalam waktu singkat. Pengemudi lain akan kesulitan mengantisipasi ketika berhadapan dengan situasi tersebut, akibatnya terjadi kemacetan bahkan kecelakaan lalu lintas.

Kedua, Berikan jarak antar kendaraan. Jarak antar kendaraan sangat direkomendasikan untuk antisipasi kondisi yang mendadak. Terutama, terhadap kendaraan komersial/ truck & bus karena jenis kendaraan tersebut membutuhkan jarak lebih untuk berhenti dan membutuhkan ruang lebih untuk bermanuver dibandingkan dengan mobil penumpang.

Untuk memperkirakan Anda dapat mengatur posisi kendaraan Anda di belakang truk dengan memberikan jeda waktu sekitar 3 – 5 detik untuk membuat ruang kosong. Pastikan Anda dapat melihat roda belakang kendaraan di depan Anda menyentuh jalan/tanah untuk menghitung jarak aman antara mobil Anda dan juga mobil tersebut.

“Melihat roda belakang tersebut bukan berarti tanpa alasan, dengan Anda dapat melihat roda belakang pada kendaraan di depan berarti Anda memiliki ruang yang cukup untuk bermanuver ketika terjadi sesuatu,” ungkap Apriyanto.

Apriyanto Yuwono National Sales Manager Passenger Car Radial PT. Hankook Tire Sales
Unlimited Hosting WordPress Developer Persona
Hosting Unlimited Indonesia
  • Share
Cloud Hosting Indonesia