Dampak Buruk Kekurangan atau Kelebihan Takaran Oli Mesin dan Solusinya

Hosting Unlimited Indonesia

Tren mengerjakan hal-hal tertentu sendiri atau bahasa kekiniannya DIY (do it yourself), sedang diminati banyak masyarakat termasuk AutoFamily, salah satunya adalah melakukan pengisian oli mesin mobil. Hanya saja, Auto2000 mengingatkan resikonya, bila salah menakar volumenya.

Cloud Hosting

Tips pertama sebelum melakukan itu adalah membaca buku panduan pemilik kendaraan, atau tanyakan kepada yang ahli. Bila mobilnya Toyota tentu bisa tanyakan ke mekanik Auto2000 terdekat.

Auto2000 jelaskan resiko salah menakar oli mesin.

Oli Mesin Melebihi Takaran

Risiko mengisi oli mesin lebih dari takaran seharusnya adalah dapat membuat performa mesin turun. Tarikan mesin, terutama pada putaran tinggi akan terasa berat karena oli bersirkulasi melebihi kapasitas. Sehingga konsumsi bensin juga lebih boros karena mesin membutuhkan tenaga lebih besar untuk bergerak.

Masalah ini akan berimbas pada kemampuan oli dalam melumasi dan membebani kerja pompa oli dalam mendistribusikan pelumas.

Potensi masalah lain yang dapat terjadi adalah timbulnya kebocoran yang sangat merugikan karena tekanan berlebih yang membebani mesin. Kebocoran biasanya menyusup lewat seal yang kondisinya kurang baik dan dapat terlihat dari rembesan oli menetes keluar dari blok mesin. Dalam jangka panjang, usia pakai pompa dan filter oli mesin akan cepat menurun karena bekerja ekstra keras.

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona
Cloud Hosting Indonesia